donderdag 26 maart 2009

Froggy

Nah, 2x bikin frog cake, kliatan banget ya bedanya hihihi...berlaku buat keduanya: cakenya aku pake buttercake resep Debbie Brown (lihat dibawah).
Aku ga brani pake resep bolu biasa soalnya kalo bolu kan cake nya ringan, jadi takutnya ambleg kalo dibentuk2 en ditumpukin fondant.

Resep dasar Debbie Brown
Kocok:
♥ 250 gr butter/ margarine
♥ 250 gr gula halus
Masukkan:
♥ 4 btr telur
Ayak bersama en masukkan:
♥ 250 gr terigu swakembang
♥ 125 gr terigu

Oven suhu 160 derajat C.

Jangan kaget kalo adonan pekat banget, karena emang pekat... =P hehe..
Buttercream pake resep ala ngawur alias butter : gula halus = 1 : 1.
Cuman di foto yang kiri ijo nya tu kurang mantep gitu....

Caranya:
♥ cetak adonan di 2 mangkok pyrex: kecil [untuk kepala] en besar [untuk badan], trus kepalanya rada dibentuk2 dikit
♥ jangan lupa tempel 2 bh bola fondant+ bentuk mulut sebelum ditutup fondant, untuk efek tonjolan mata en mulut
♥ garis mulut pake pisau berujung lancip
♥ tangan en kaki cuman pake fondant
♥ efek bintik2 badan aku pake bubuk silver

Fondant gluenya aku pake bubuk cmc/tylose + air (akhir2 ini lebih pilih pake piping gel, praktis). Kira2 sepucuk sdt cmc + air 3 sdt. Itu aku pake untuk nge lem fondantnya, lebih mantep daripada pake air.. hehe..
Cmc bisa juga dipake untuk mengeraskan fondant, kalo ga salah perbandingannya 1 sdt cmc tiap 500 gr fondant. Biasa kan kalo bikin detail fondant (bukan fondant penutup kue nya lho..) biar ga lemes en cepet kering dipakein cmc ini.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten